Tanggalan Jawa Kalender 2000 Lengkap Dengan Weton

By | November 30, 2022

Buat kamu yang lahir pada tahun 2000, saat ini sudah sangat pas untuk menikah. Tanggalan Jawa Kalender 2000 Lengkap Dengan Weton yang akan medrec07 bagikan di halaman ini akan membantumu mengetahui weton dan hari lahir jawa. Silakan gunakan dengan bijak, karena bagi kamu yang beragama Islam wajib meyakini bahwa hal baik dan buruk adalah takdir dari sang Pencipta Allah SWT, bukan karena hari lahir atau nilai neptumu.

Berbeda dengan Islam dan Masehi yang sama-sama memiliki tujuh nama untuk setiap harinya, penanggalan Jawa hanya memiliki lima nama untuk setiap harinya. Pahing, Pon, Legi, Wage, dan Kliwon semuanya adalah pasar menurut penanggalan Jawa. Mimin kembali mengingatkan kita bahwa baik kita menganggap suatu peristiwa itu mujur atau sial, itu selalu terjadi atas kehendak Allah SWT.

Tanggalan Jawa Kalender 2000 Lengkap Dengan Weton

Informasi pada halaman ini akan dimulai dengan awal bulan pada tahun 2000 yaitu Januari, dan diakhiri dengan hari terakhir pada bulan tersebut yaitu Desember. Nama-nama hari dalam penanggalan Jawa dicantumkan di samping setiap tanggal. Harap perhatikan detail berikut ini Tanggalan Jawa Kalender 2000 Lengkap Dengan Weton

Postingan menarik lainnya:

Kalender Januari 2000 Lengkap Dengan Weton


Kalender Februari 2000 lengkap dengan weton


Kalender Maret 2000 lengkap dengan weton


Kalender Weton Jawa Tahun 2000 Bulan April


Kalender Mei 2000 lengkap dengan weton Jawa


Kalender Jawa 2000 Juni Dengan Weton


Kalender Jawa 2000 Juli Dengan Weton


Kalender Jawa 2000 Agustus Dengan Weton


Kalender Jawa 2000 September Dengan Weton


Kalender Jawa 2000 Oktober Dengan Weton


Kalender Jawa 2000 Nopember Dengan Weton


Kalender Jawa 2000 Desember Dengan Weton

.

Kalender Jawa 2000

Kalender Jawa adalah sebuah sistem penanggalan yang berasal dari tradisi Jawa di Indonesia. Kalender ini menggabungkan sistem tanggal yang berdasarkan kalender Masehi dengan sistem penanggalan yang berdasarkan konstelasi bintang.

Sistem tanggal dalam kalender Jawa disebut dengan “weton” dan merupakan kombinasi dari lima elemen, yaitu tahun, bulan, hari, pasaran, dan wuku. Tahun dalam kalender Jawa dibagi menjadi 12 tahun yang masing-masing memiliki nama yang unik, seperti Alip, Ehe, Jimawal, dan lainnya. Bulan dibagi menjadi 30 hari, yang disebut dengan “windu”. Setiap bulan juga memiliki nama yang unik, seperti Sura, Salasa, dan lainnya.

Hari dalam kalender Jawa dibagi menjadi 7 hari, yang masing-masing memiliki nama yang unik, seperti Senin Kliwon, Selasa Wage, dan lainnya. Setiap hari juga dikaitkan dengan salah satu dari lima elemen alam, yaitu api, air, tanah, angin, dan langit.

Selain itu, kalender Jawa juga menggunakan sistem penanggalan yang disebut “pasaran”, yang merupakan kombinasi dari lima hari yang berurutan. Setiap pasaran juga memiliki nama yang unik, seperti Pon, Wage, Kliwon, dan lainnya.

Sistem penanggalan yang terakhir adalah wuku, yang merupakan kombinasi dari enam hari yang berurutan. Setiap wuku juga memiliki nama yang unik, seperti Sinta, Landep, dan lainnya.

Dengan menggabungkan semua elemen tersebut, kita bisa mendapatkan tanggal dalam kalender Jawa yang unik dan kompleks. Misalnya, tanggal 10 November 2022 dalam kalender Jawa adalah “Senin Pon, 18 Alip 1936”.

Penggunaan kalender Jawa masih terus dilakukan oleh masyarakat Jawa di Indonesia hingga sekarang, terutama untuk keperluan adat dan keagamaan. Namun, kalender ini juga mulai dikenal dan dipelajari oleh orang-orang dari berbagai latar belakang.

Penutup

Demikianlah postingan mengenai Tanggalan Jawa Kalender 2000 Lengkap Dengan Weton, spesial buat kamu yang akan menjalani pernikahan atau acara bahagia lainnya, kami ucapkan selamat, semoga mendapatkan keberkahan. Jangan lupa untuk membagikan halaman ini dengan teman-temanmu yaa.

Leave a Reply