Memilih Bidang Usaha di OSS

By | December 12, 2022

Dengan bantuan Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI), kegiatan ekonomi dapat dibagi menjadi beberapa sektor yang berbeda menurut cara kegiatan tersebut dilakukan dalam hal menghasilkan barang atau jasa. Badan Pusat Statistik (BPS) membuat KBLI, yaitu kode empat hingga lima digit yang menunjukkan sektor di mana perusahaan beroperasi. Menurut KBLI, kode harus dicantumkan dalam akta pendirian perusahaan jika terdaftar di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. BPS terus meningkatkan KBLI seiring dengan semakin beragamnya cakupan kegiatan ekonomi. KBLI yang digunakan saat ini adalah KBLI 2020, peningkatan dari KBLI 2017. Contoh KBLI untuk berbagai sektor disajikan di bawah ini.

KBLI untuk usaha minuman dan makanan

Kode KBLI 5630, meliputi kegiatan menyiapkan dan menyajikan minuman untuk dikonsumsi di tempat yang dipesan, seperti bar atau pub (56301), kedai minum (56304), toko koktail, diskotek yang utamanya menyediakan layanan minuman (56302), kedai kopi (56304), kafe (56303), penjual minuman keliling, dan sejenisnya, digunakan jika ingin membuka usaha penyediaan minuman. Tindakan mengantarkan jasa makanan kepada pelanggan, baik disajikan sambil duduk maupun memilih sendiri dari makanan yang tersedia, termasuk dalam KBLI usaha penyediaan makanan kode 5610. Restoran (56101), rumah makan/warung makan (56102), warung makan (56103), penyediaan makanan keliling (56104), dan restoran dan penyediaan makanan keliling lainnya (56109).

KBLI untuk usaha pakaian

Berbeda dengan sektor sandang (konveksi) yang memiliki nomor KBLI 1411. Kode KBLI 14111 digunakan bila sandang terbuat dari bahan tekstil atau kain. Kategori ini terdiri dari perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan pakaian siap pakai dengan memotong dan menjahit barang-barang seperti kemeja, celana panjang, kebaya, blus, rok, pakaian bayi, pakaian tari, dan pakaian olahraga. Hal yang sama berlaku untuk kode KBLI 14112, yang menjelaskan produksi pakaian dan aksesoris kulit atau kulit imitasi, termasuk jaket, mantel, rompi, celana panjang, dan rok.

KBLI untuk usaha kosmetik

Anda tahu, sektor kosmetik sama kompetitifnya dengan sektor lain, dan kita mungkin berinteraksi dengan semakin banyak influencer kecantikan di media sosial. Anda dapat menggunakan kode KBLI 20232 untuk meluncurkan perusahaan di sektor ini. Pembuatan kosmetik untuk manusia, termasuk make-up, wewangian atau parfum, perawatan rambut, perawatan kuku, perawatan kulit, kebersihan pribadi, dan alat cukur, dicakup oleh undang-undang ini. Ini juga mencakup pasta gigi dan produk kebersihan mulut lainnya, seperti pasta gigi pemutih.

KBLI untuk usaha agensi

Kode KBLI 7020 (kegiatan konsultasi manajemen), yang meliputi pemberian saran, arahan, dan bantuan untuk operasi bisnis serta masalah organisasi dan manajemen lainnya seperti perencanaan strategis dan organisasi, keputusan keuangan, tujuan dan kebijakan pemasaran, perencanaan, kebijakan sumber daya manusia dan praktik, perencanaan penjadwalan, dan kontrol produksi, dapat digunakan jika Anda ingin memulai bisnis keagenan. Selanjutnya, memanfaatkan kode KBLI 7310 dan 7490 yang merupakan singkatan dari kegiatan profesi, ilmu pengetahuan, dan teknologi lainnya (periklanan).

KBLI untuk usaha perdagangan alat kesehatan

Atau apakah Anda ingin menjual peralatan laboratorium, farmasi, dan medis manusia di pasar terbuka? Kode KBLI 47725 kemudian diterapkan. Perdagangan ini mencakup berbagai instrumen dan peralatan untuk industri medis serta tabung reaksi, tabung ukur, slide mikroskop, kuvet, botol serum/infus, dan peralatan laboratorium gelas dan porselen lainnya.

KBLI untuk usaha pertanian

Bahkan jika Anda ingin melakukan kegiatan usaha pertanian sayuran, buah dan aneka umbi-umbian, kode KBLI juga tersedia untuk bidang tersebut, yakni 0113.

Demikianlah artikel yang membahas mengenai Memilih Bidang Usaha di OSS. Pastikan anda memilih dengan benar, dan semoga bisa membantu mempermudah usaha anda mendapatkan legalitas resmi dari pemerintah.

Leave a Reply