Pengertian Kontainer Sebagai Fungsi Arsitektur Adalah

By | December 5, 2022

Mungkin banyak dari kalian yang menjumpai pertanyaan, “pengertian container sebagai fungsi arsitektur adalah?” Nah tim medrec07 di sini akan membantu kalian menjawab pertanyaan tadi dan disertakan juga informasi pendukung lainnya. Makanya simak artikel ini sampai habis ya.

Kompleksitas arsitektur tercermin dalam kehadirannya sekarang, tetapi juga berfungsi sebagai pengingat masa lalu. Latar belakang arsitektur yang telah digambar. Arsitektur bersifat sangat publik dan sangat pribadi karena dibuat dan digunakan oleh banyak orang dan menimbulkan tanggapan yang sangat individual dari setiap individu.

Berbeda dengan karya seni lainnya. Tujuan dari komposisi arsitektur adalah untuk melayani sebagai komponen fungsional kehidupan sehari-hari, baik sebagai objek yang digunakan oleh penggunanya atau dirasakan secara fisik oleh penonton.

Pertanyaan Pengertian Kontainer Sebagai Fungsi Arsitektur Adalah
Pengertian Kontainer Sebagai Fungsi Arsitektur Adalah. Gambar: pexels.com/@imjimmyqian/

Jawaban Pertanyaan Pengertian Kontainer Sebagai Fungsi Arsitektur Adalah

Pengertian Container (Fungsi Perwadahan) sebagai fungsi arsitektur. Pengertian Container ini lebih mengacu pada fungi perwadahan aktifitas. Dalam arti bahwa bentukan arsitektur yang fungsional secara fisik adalah sesuatu yang mampu mewadahi suatu kegiatan/aktifitas tertentu, sehingga penikmat dapat merasa aman dan nyaman.

Untuk materi lengkapnya ada di bawah ini.

Konsep Fungsi Arsitektur

Menurut Geoffrey Broadbent, ada beberapa gagasan tentang fungsi konsepnya tentang fungsi arsitektur dikemukakan oleh Broadbent dalam buku “Signs, Symbols, and Architecture”. Broadbent memandang bahwa fungsi arsitektur perlu ditelususri berdasarkan hubungan antara arsitek itu sendiri dengan penikmat (manusia). Dalam memfomulasikan konsepnya mengenai fun arsitektur (disebutnya “BUILDING TASK”), Broadbent mencoba menelusurinya berdasarkan 3 (tiga) aspek utama dalam kaitan evaluasi suatu karya arsitektur, yaitu :

  • Arsitek (perancangnya)
  • Pemakai, Penikmat dan Pengamat
  • Karya Arsitektur itu sendiri secara otonom

Dari dasar pemikirannya ini Broadbent merumuskan fungsi arsitektur atau “Building Task” itu dalam sejumlah kategori sebagai berikut :

  • Artistik Form (Fungsi Bentuk Arsitektur)
    Dalam arsitektur dianggap sebagai bentukan seni, sehingga arsitektur yang fungsional diartikan sebagai suatu bentukan yang artisitk dan memiliki nilai-nilai keindahan. Jadi dapat diambil patokan secara emprikal bahwa suatu bangunan harus mempunyai fungsi estetika untuk memperindah suatu karya arsitektur agar dapat dinikmati.
  • Container (Fungsi Perwadahan)
    Pengertian Container ini lebih mengacu pada fungi perwadahan aktifitas. Dalam arti bahwa bentukan arsitektur yang fungsional secara fisik adalah sesuatu yang mampu mewadahi suatu kegiatan/aktifitas tertentu, sehingga penikmat dapat merasa aman dan nyaman.
  • Climatic Modifier (Fungsi Modifikasi / Kontrol Iklim)
    Dalam kategorinya, fungsi ini lebih menunjuk bahwa bentukan arsitektur yang fungsional itu dapat diartikan sebagai bangunan yang mampu mengantisipasi, mengontrol, dan beradaptasi dengan lingkungan fisiknya, dalam hal ini adalah aspek iklim yang berlaku disekitarnya. Arsitektur harus dapat menyesuaikan diri secara klimatologis dalam lingkungannya karena kehadirannya menurut fungsionalisasinya dari berbagai aspek termasuk iklim.
  • Environmental Filter (Fungsi Filter Lingkungan)
    Bangunan mampu beradaptasi dengan mengikutsertakan karakteristik dominan dan setidak-tidakya dapat memberikan nilai tambah dalam meningktakan kualitas lingkungan tersebut.
  • Behaviour Modifier (Fungsi Pembentuk Perilaku)
    Dalam kajian perilaku ini arsitektur atau bangunan harus berfungsi sebagai pembentuk perilaku. Dalam tautan ini diyakini, bahwa setiap olahan dalam setiap bentukan arsitektur pada gilirannya akan mampu memodifikasi, membentuk bahkan memanipulasi tingkah seseorang yang secara aktif berinteraksi dengan bentukan arsitektur tersebut.
  • Capital Investment (Fungsi Investasi Modal)
    Pengertiannya disini, arsitektur berfungsi sebagai suatu investasi modal yang mengartikan bahwa adanya semacam tujuan untuk memperoleh manfaat atau nilai tambah tertentu atau keuntungan. Investasi yang dimaksud adalah suatu upaya pemanfaatan sumber daya, baik modal uang, alat dan tenaga untuk menghasilkan keuntungan tertentu. Keuntungan yang dimaksud dapat dibedakan menjadi dua keuntungan yaitu keuntungan profit dan keuntungan benefit.
    • Keuntungan Profit adalah keuntungan dalam hal yang dapat diukur, misalnya pengembalian modal investasi. Contoh arsitektur yang bersifat “Profit Oriented” yakni Hotel, Supermarket, Bioskop, dsb.
    • Keuntungan Benefit adalah keuntungan yang sifatnya tidak dapat diukur dengan uang karena berhubungan dengan peningkatan kualitas nilai-nilai atau norma kehidupan tertentu. Contoh arsitektur “Benefit Oriented” yakni Bangunan Peribatan, Rumah Sakit, Gedung Pemerintah, dsb.
  • Cultural Symbolization (Fungsi Simbol Budaya)
    Dalam pengertiannya, arsitektur yang berfungsi sebagai simbol budaya adalah arsitektur yang mampu mengekspresikan karakteristik suatu budaya tertentu. Pengertian budaya dapat diartikan sebagai nilai-nilai, norma, gagasan, pola tingkah laku dan aktivitas, maupun artefaknya. Pengertian simbol atau lambang bukan berarti lambang yang dikemukakan memiliki kemiripan rupa atau sama dengan apa yang dilambangakan.

Penutup

Demikianlah artikel yang membahas jawaban dari pertanyaan Pengertian Kontainer Sebagai Fungsi Arsitektur Adalah. Semoga jawaban yang kami bagikan adalah jawaban yang tepat, jika kamu masih punya pertanyaan lain silakan posting di kolom komentar yaa.

Leave a Reply