Contoh Soal Psikotes Manajemen Trainee dan Pembahasannya 2023

By | January 3, 2023

Seseorang harus bersiap-siap untuk lulus sejumlah ujian atau tes masuk kerja sebelum memasuki dunia kerja. Berbagai perusahaan sering menggunakan berbagai jenis ujian untuk memilih karyawan potensial. Tentu saja, tujuan dari ini adalah untuk menyingkirkan kandidat teratas untuk posisi ini.

Contoh Soal Psikotes Manajemen Trainee dan Pembahasannya

Tes psikologi adalah evaluasi atau tes tertulis, verbal, dan visual yang diberikan psikolog untuk melihat seberapa baik proses kognitif dan emosional seseorang bekerja. Untuk menilai dan memahami secara menyeluruh setiap orang yang mengerjakan ujian psikologi, tes psikologi memang membutuhkan profesional atau penguji profesional.

Artikel Menarik Lainnya: Contoh Gambar Pohon Mangga Psikotes

Contoh Soal Psikotes Manajemen Trainee dan Pembahasannya

Berikut adalah contoh soal psikotes management trainee beserta pembahasannya:

1. Seorang manajer harus memiliki kemampuan untuk mengelola waktu dengan baik. Bagaimana cara yang tepat untuk mengelola waktu?
A. Dengan selalu menunda pekerjaan yang harus diselesaikan
B. Dengan selalu memikirkan pekerjaan yang harus diselesaikan
C. Dengan membuat daftar pekerjaan yang harus diselesaikan dan mengelolanya sesuai dengan prioritas
D. Dengan selalu menunda pekerjaan yang harus diselesaikan hingga terakhir

Pembahasan:
Jawaban yang tepat adalah C (Dengan membuat daftar pekerjaan yang harus diselesaikan dan mengelolanya sesuai dengan prioritas). Cara yang tepat untuk mengelola waktu adalah dengan membuat daftar pekerjaan yang harus diselesaikan dan mengelolanya sesuai dengan prioritas. Dengan demikian, manajer dapat menyelesaikan pekerjaan yang paling penting terlebih dahulu dan mengelola waktu dengan baik.

2. Seorang manajer harus mampu mengatur keuangan perusahaan dengan baik. Bagaimana cara yang tepat untuk mengatur keuangan perusahaan?
A. Dengan membelanjakan uang perusahaan secara berlebihan
B. Dengan tidak memperhatikan pengeluaran perusahaan
C. Dengan membuat anggaran perusahaan yang sesuai dan mengelolanya dengan baik
D. Dengan tidak membuat anggaran perusahaan sama sekali

Pembahasan:
Jawaban yang tepat adalah C (Dengan membuat anggaran perusahaan yang sesuai dan mengelolanya dengan baik). Cara yang tepat untuk mengatur keuangan perusahaan adalah dengan membuat anggaran perusahaan yang sesuai dan mengelolanya dengan baik. Dengan demikian, manajer dapat mengelola keuangan perusahaan dengan baik dan memastikan bahwa perusahaan tersebut selalu memiliki cukup dana untuk beroperasi secara efisien.

3. Seorang manajer harus mampu mengelola proyek dengan baik. Bagaimana cara yang tepat untuk mengelola proyek?
A. Dengan tidak membuat rencana proyek sama sekali
B. Dengan membuat rencana proyek yang terlalu detail
C. Dengan membuat rencana proyek yang sesuai dan mengelolanya dengan baik
D. Dengan membuat rencana proyek yang terlalu sederhana

Pembahasan:
Jawaban yang tepat adalah C (Dengan membuat rencana proyek yang sesuai dan mengelolanya dengan baik). Cara yang tepat untuk mengelola proyek adalah dengan membuat rencana proyek yang sesuai dan mengelolanya dengan baik. Dengan demikian, manajer dapat memastikan bahwa proyek tersebut dapat diselesaikan tepat waktu dan sesuai dengan rencana yang telah dibuat.

4. Seorang manajer harus mampu mengelola sumber daya manusia dengan baik. Bagaimana cara yang tepat untuk mengelola sumber daya manusia?
A. Dengan tidak memperhatikan kebutuhan karyawan
B. Dengan tidak memberikan pelatihan kepada karyawan
C. Dengan memberikan pelatihan kepada karyawan dan memperhatikan kebutuhan mereka
D. Dengan memberikan pelatihan kepada karyawan tapi tidak memperhatikan kebutuhan mereka

Pembahasan:
Jawaban yang tepat adalah C (Dengan memberikan pelatihan kepada karyawan dan memperhatikan kebutuhan mereka). Cara yang tepat untuk mengelola sumber daya manusia adalah dengan memberikan pelatihan kepada karyawan dan memperhatikan kebutuhan mereka. Dengan demikian, manajer dapat memastikan bahwa karyawan tersebut dapat bekerja dengan efisien dan merasa nyaman bekerja di perusahaan tersebut.

5. Seorang manajer harus mampu mengelola perubahan dengan baik. Bagaimana cara yang tepat untuk mengelola perubahan?
A. Dengan menolak perubahan yang terjadi
B. Dengan menerima perubahan tanpa mempertimbangkan dampaknya
C. Dengan menerima perubahan dan mempertimbangkan dampaknya
D. Dengan memaksakan perubahan tanpa mempertimbangkan dampaknya

Pembahasan:
Jawaban yang tepat adalah C (Dengan menerima perubahan dan mempertimbangkan dampaknya). Cara yang tepat untuk mengelola perubahan adalah dengan menerima perubahan yang terjadi dan mempertimbangkan dampaknya. Dengan demikian, manajer dapat memastikan bahwa perubahan yang terjadi akan menguntungkan perusahaan dan tidak merugikan perusahaan.

6. Seorang manajer harus mampu mengelola konflik dengan baik. Bagaimana cara yang tepat untuk mengelola konflik?
A. Dengan mengelak dari konflik
B. Dengan membiarkan konflik terjadi tanpa intervensi
C. Dengan menyelesaikan konflik dengan cara yang sesuai dan tepat
D. Dengan membiarkan konflik terjadi dan mengelola dampaknya saja

Pembahasan:
Jawaban yang tepat adalah C (Dengan menyelesaikan konflik dengan cara yang sesuai dan tepat). Cara yang tepat untuk mengelola konflik adalah dengan menyelesaikan konflik dengan cara yang sesuai dan tepat. Dengan demikian, manajer dapat memastikan bahwa konflik yang terjadi dapat diselesaikan dengan baik dan tidak mengganggu kelancaran kerja perusahaan.

Penutup

Demikianlah Contoh Soal Psikotes Manajemen Trainee dan Pembahasannya. Kami akan berusaha untuk menambahkan soalnya lain waktu. Silakan bookmark halaman ini dan memeriksanya kembali di lain hari. Kritik dan saran silakan sampaikan di dalam kolom komentar ya.

Leave a Reply