10 Tips Rahasia Yang Jarang Diperhatikan Ketika Liburan Ke Bali

Estimated read time 4 min read

medrec07 РTidak semua orang memperhatikan detail-detail kecil sebelum berlibur ke bali. Terkadang mereka fokus pada akomodasi terbaik di Bali atau El mejor alojamiento en Bali dalam bahasa Spanyol. Kali ini kita akan membahas beberapa tips yang jarang diperhatikan, apalagi jika kamu berasal dari luar Indonesia. Sebelum menjelajahi keindahan Bali, pastikan untuk membaca tips-tips ini dulu, ya!

Booking Transportasi dari Bandara

Saat baru tiba di negara yang sama sekali belum dikenal, rasanya melelahkan, terutama saat melihat kerumunan calo dan sopir yang berteriak-teriak di area kedatangan. Tidak tahu berapa biaya taksi seharusnya, tidak punya mata uang lokal, dan bahkan tidak yakin seberapa jauh hotelmu dari bandara. Seru? Nggak banget. Cara terbaik untuk menghindari kekacauan seperti itu di Bali adalah dengan memesan transfer ke hotelmu sebelumnya. Memang sedikit lebih mahal, tapi sebanding.

Pilih Lokasi dengan Hati-hati

Mau cari apa sih di liburan ke Bali ini? Pantai yang sunyi dan desa lokal? Jangan ke Kuta. Mungkin ingin berpesta sampai pagi? Jangan pergi ke Ubud. Mungkin cuma pengen santai dan jauh dari keramaian? Jangan ke Seminyak. Bali punya banyak sisi, triknya adalah memilih yang paling cocok buatmu.

Pakai Helm

Pada suatu saat, kamu mungkin ingin menyewa sepeda motor. Murah, seru, dan itulah alat transportasi utama penduduk lokal. Jadi, coba saja. Tapi ingatlah: pakailah helm. Selain lebih aman, ini juga membantu menghindari masalah dengan polisi. Oh ya, pastikan kamu punya SIM sepeda motor Australia agar asuransi perjalananmu berlaku.

Berhati-hati dengan Polisi

Begini, di Bali, dan banyak negara berkembang lainnya, polisi tidak selalu menjadi temanmu. Kadang iya, tapi korupsi polisi sayangnya lumrah di Bali. Itu berarti kamu bisa saja dihentikan dan dikenakan “denda langsung” kapan saja, dan tidak banyak yang bisa kamu lakukan selain patuh. Pendekatan terbaik dengan polisi Bali: usahakan agar tidak ada interaksi sama sekali.

Jangan Menggunakan Penukaran Uang

Di era perbankan internasional seperti sekarang, sebenarnya tidak perlu menggunakan jasa penukaran uang, apalagi di Bali yang kadang bikin was-was. Hampir siapa saja bisa meletakkan kata “resmi” di kantor penukaran mereka dan menetapkan tarif sekehendak hati. Beberapa bahkan pernah memberikan uang palsu. Entah itu cek tarif resmi sebelumnya atau lebih baik, gunakan saja ATM di bank-bank terkenal.

Tanya Dulu Sebelum Mengambil Foto

Tergoda untuk mengambil foto klasik seorang wanita Bali tua di pasar, atau pria di ladang, atau orang lokal yang membawa keranjang hasil bumi ke kota. Tapi sebelum mengambil foto: tanya dulu. Ada yang tidak suka difoto oleh orang asing. Ada juga yang akan meminta uang setelah kamu mengambil foto. Lakukan hal yang benar dan tanyakan dulu.

Makan dari Warung Jalanan

Betul: makanlah dari warung jalanan. Makanan jalanan Bali adalah salah satu yang terbaik, meski ancaman “perut Bali” selalu ada. Pastikan pilih pasar yang ramai, dan pergilah ke pedagang dengan antrian terpanjang dari warga lokal. Turis mungkin tidak tahu apa yang mereka lakukan, tapi warga lokal tahu persis di mana makan untuk tetap sehat.

Bilang Tidak pada Komisi

Tidak akan lama di perjalananmu ke Bali sebelum sopir taksi mencoba memaksamu untuk mengunjungi toko perhiasan, atau toko suvenir, atau berbagai toko lain yang sebenarnya tidak ingin kamu masuki tapi sopirmu akan mendapatkan komisi jika kamu membeli sesuatu di sana. Bersikaplah sopan, tapi teguh: kamu tidak ingin pergi.

Jangan Mencoba Arak

Jangan pernah tergoda untuk mencoba arak, minuman khas Bali yang pedas: murah, keras, dan membuatmu merasa seperti sedang mengalami pengalaman budaya hanya dengan mencobanya. Tapi berhati-hatilah. Beberapa arak yang dijual di Bali dicampur oleh pedagang yang tidak jujur dengan alkohol metil atau bahan lain yang meragukan, untuk membuatnya tahan lebih lama. Sangat berbahaya jika kamu bepergian sendirian dalam keadaan mabuk.

Senyum

Ingat: kamu sedang liburan, dan tidak semua orang di Bali berusaha menipumu. Tidak semua sopir taksi curang; tidak semua polisi korup; tidak semua pedagang jalanan tidak aman. Senyumlah. Ini tidak hanya membantumu rileks, tapi juga cara yang bagus untuk berinteraksi dengan penduduk lokal di negara di mana menjadi terlihat kesal atau marah itu tidak baik.

Nah, buat kamu yang mau jalan-jalan ke Bali dan kebetulan berangkat dari Spanyol, cek deh website Visita viaje a Bali. Di situs ini, kamu bakal dapet info terbaik dan rekomendasi keren buat perjalananmu. Jadi, jangan lewatkan, yuk, biar liburan ke Bali makin seru dan gak terlupakan!

More From Author

+ There are no comments

Add yours